Panduan Pelayanan Bimbingan Karir_ILO EAST_2011

Panduan pelayanan bimbingan karir bagi guru bimbingan konseling/konselor pada satuan pendidikan dasar dan menengah – Mendukung peningkatan ketersediaan antara pilihan pendidikan pemuda Indonesia dan pekerjaan yang tersedia di pasar. 

Memberikan dukungan bagi pemuda/i ketika mereka akan mengambil keputusan sulit mengenai sekolah apa yang akan mereka ikuti atau jenis pekerjaan apa yang harus mereka ambil adalah upaya untuk menjembatani kesenjangan ini. Panduan ini dimaksudkan untuk berkontribusi pada peningkatan ketersediaan antara pilihan pendidikan bagi pemuda/i Indonesia yang sesuai dengan pekerjaan yang tersedia di pasar kerja.

Manual ILO-ABKIN yang ada saat ini melengkapi Manual Pengembangan Diri dengan a) menyediakan referensi yang mudah digunakan (user friendly) bagi Konselor Sekolah di SMP, SMA, dan SMK tentang bagaimana membantu para siswa dalam membuat keputusan pendidikan yang masuk akal dalam konteks pasar dan (b) mengajukan paket minimum 25 jam belajar konseling pekerjaan dan pendidikan per tahun ajaran (sebagai langkah awal menuju penerapan dua jam per minggu seperti yang ditentukan dalam Keputusan Menteri).

Komentar

Loading...