Tips & Trik

Ini Dia Caranya Membuat “PINTU” Ruang BK yang Inspiratif

Ini Dia Caranya Membuat “PINTU” Ruang BK yang Inspiratif
Doc. ana susanti_Laboratorium BK_PPPPTK Penjas dan BK

Ruang Bimbingan dan Konseling yang nyaman memilki daya tarik tersendiri, hal tersebut dapat dimulai dari pintu nya.

Membuat menarik Bimbingan dan Konseling (BK) memang bukan saja dari segi kualitas konselornya saja, ruang BK yang nyaman juga merupakan daya tarik tersendiri, namun tidak sedikit dari ruang BK yang memang seadanya bahkan hampir tidak ada ruang BK.


Sebut saja FA. Suprapto MN menulis  “Terbukti, ruang BK dengan segala fasilitas yang seharusnya ada belum mendapat perhatian dari sekolah. Tempat/ruang BK yang kecil dan dibelakang (kurang strategis) dengan fasilitas yang cukup memprihatinkan. Dengan kondisi fisik seperti ini tentunya BK tidak akan dihampiri siswa/orang tua siswa yang berkeinginan sendiri berkonsultasi atau yang lainnya karena layanan BK tidak mempunyai daya tarik sendiri”


Prihatin memang membaca tulisan tersebut namun itu benar adanya. jika ruang BK saat ini sebagian besar memang seperti itu.


Fasilitas sebenarnya bisa menjadi daya tarik sendiri untuk layanan BK,  berikut ini tips kreatif bagi guru BK agar dapat membuat ruang BK yang seadanya menjadi lebih menarik  dimulai dari PINTU.

 
Seperti kita ketahui Pintu merupakan tempat untuk masuk dan keluar. bagaimana jika pintu menjadi bagian kecil papan bimbingan yang dapat menarik setiap orang untuk melihatnya.

 
Paling tidak pintu dapat memberikan kesan yang penuh warna dan menyenangkan. Yuk Do It Your Self…. berkreasi agar ruang BK lebih hangat dan penuh warna.

 

Berikut ini Cara membuat pintu ruang BK menjadi lebih Inspiratif

  1. Tentukan Apa yang mau disampaikan
  2. Carilah Tulisan atau Qoute yang memang sesuai dengan apa yang mau disampaikan
  3. Print sesuai dengan besar dan ukuran yang dibutuhkan, jika tidak ada printer bisa menggunakan kertas warna dan digambar dan diwarnai agar menarik.
  4. Alat dan Bahan: Gunting, Printer warna, Kertas warna, double isolatif
  5. Link ide kreatif Pintu:
    https://id.pinterest.com/pin/561894490984383859/
    https://id.pinterest.com/pin/53550683053488475/
    https://id.pinterest.com/pin/463096774165087173/
    https://id.pinterest.com/pin/155303887161264412/
Kategori:Berita
Sumber:doc. ana susanti_Laboratorium BK_PPPPTK Penjas dan BK

Komentar

Loading...