Tips & Trik

Ini Dia Resepnya Agar Guru BK tidak Dipandang Sebelah Mata

Ini Dia Resepnya Agar Guru BK tidak Dipandang Sebelah Mata
Guru BK SMK Ma'arif Mijen Semarang

Masukan yang bagus untuk guru Bimbingan dan Konseling (BK) agar tidak dipandang sebelah mata. Sudahkah kita seperti ini?

Keberadaan guru BK dianggab sebelah mata bahkan keberadaannya terkadang dianggap enteng, karena perannya hanya sebagai penerima ‘curhat’ murid.

Kenapa demikian hal ini disebabkan Karena guru BK tidak mengajarkan ilmu pengetahuan, atau mata pelajaran di ruang kelas untuk murid, sehingga guru BK tidak memberikan nilai itulah penyebab guru BK kerap dipandang sebelah mata.

Muhammad Arsyad Albanjari Dr Jarkawi,  yang tak lain adalah Wakil Rektor I Universitas Islam Kalimantan (Uniska) punya ‘resep’ menghilangkan pandangan miring itu.

Pertama, seorang guru BK menunjukan kinerja bagus sekaligus mampu mengadvokasi di hadapan mitra-mitra kerjanya di sekolah.

Kedua, memiliki akuntabilitas program. Hal ini sangat penting, sebab guru pembimbing harus memahami peran kerja dan tanggung jawab, sesuai dengan standar program BK, sebelum mempraktikan konseling.

Ketiga, menyusun standar konseling atau program secara sistematis yang sesuai dengan kebutuhan murid.

Keempat, pelayanan BK yang baik dan benar, efektif dan efisien dalam mengembangkan misi bimbingan dan konseling yang telah disepakati adalah hal yang esensial.

Kelima akuntabilitas atau pertanggung jawaban BK dilakukan secara periodik dan sesuai dengan ketentuan atau aturan yang berlaku.

"Kalau sudah begitu, keberadaan guru BK merupakan kebutuhan pokok yang harus diprioritaskan dalam sekolah,’’ tandas Jarkawi.

baca juga artikel aslinya.

Komentar

Loading...