Lima Hari Paling Berkesan di P2KPTK2 Jakarta Timur

Lima Hari Paling Berkesan di P2KPTK2 Jakarta Timur
Pembukaan Pelatihan Guru BK SMP di P2KPTK2 Jakarta Timur (dok. Pribadi)

Pelatihan Bimbingan dan Konseling (BK) di Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Timur, 24-28 Juni 2019.

Alhamdulillah, sungguh suatu nikmat yang besar kami bisa mengikuti pelatihan Bimbingan dan Konseling (BK) di Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Timur, 24-28 Juni 2019. Selain pengetahuan, tentunya, banyak hal positif yang kami dapat selama mengikuti kegiatan tersebut.

 

Sebagai sharing pengalaman, kami nukilkan beberapa pengalaman berkesan. Harapannya, mudah-mudahan apa yang sampaikan di sini menjadi informasi yang bernilai pendidikan bagi sesama guru BK khususnya dan pegiatan pendidikan pada umumnya.

 

Secara garis besar, ada dua sisi positif mengikuti pelatihan di P2KPTK2 Jakarta Timur. Setidaknya, menurut pendapat kami yang pertama mengikuti kegiatan tersebut, yaitu dari sisi hubungan dengan sesama guru dan peluang menambah wawasan baru.

 

Pertama, mengenal lebih dekat dengan teman-teman seprofesi.

 

Disini kami bisa saling mengenal lebih dekat tidak hanya sekedar nama, tapi juga mengenal karakter masing-masing walaupun sepintas, tapi cukup untuk saling mengerti dan dapat beradaptasi, sehingga dapat membangun komunukasi yang saling menguntungkan antara satu dengan lainnya.

 

Kedua, dapat menambah ilmu khususnya tentang BK (Bimbingan Konseling).

 

Ternyata ilmu Allah itu amat sangat luas tak terbatas. Walaupun kami sudah kuliah, membaca banyak buku, ikut berbagai macam pelatihan dan diskusi-diskusi khusus tentang pelajaran BK, ternyata banyak hal-hal baru yang kami dapatkan sehingga makin memperkuat pemahaman kami tentang BK. Inilah hakekat dari pelatihan ini, walau hanya lima hari kami merasakan adanya penyegaran dan pencerahan yang sangat berharga untuk diterapkan disekolah masing-masing.

 

Dalam pelatihan ini ada dua dosen kebanggan kami. Beliau adalah Ibu Ana SusantI, M.Pd dan Ibu Herawati, M.Pd. kedua dosen ini adalah dari PPPPTK Penjas dan BK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam menyajikan berbagai materi, keduanya sangat menguasai, berpengalaman dan dapat menjawab berbagai persoalan kekinian yang selama ini kami hadapi.

 

Yang paling berkesan selama mengikuti pelatihan, kedua dosen kami ini sangat humanis, ramah, murah senyum dan menunjukkan perhatian yang terbaik kepada kami. Sehingga, lima hari berada di dana terasa begitu singkat dan ingin menambah ilmu lebih banyak lagi.

 

Ketiga, dapat melakukan diskusi/sharing dengan leluasa selama berada di dalam kelas atau diluar kelas.

 

Setelah dosen memaparkan modul kegiatan pembelajaran BK dari A sampai Z, kami diberikan kesempatan untuk bertanya dan diskusi tentang hal-hal yang belum jelas. Terutama yang berkaitan dengan berbagai kendala yang kami hadapi dalam penerapan BK di sekolah.

 

Suasana ini adalah suasana yang paling seru. Semua peserta diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan apapun yang menjadi beban kesulitan selama ini. Sang dosan pembimbing biasanya meminta kami untuk dapat menjawab berbagai masalah yang ada, kemudian beliau menyempunakan jawabannya dengan ulasan yang menarik, relevan dan komunikatif.

 

Ketika istirahatpun, kami dapat melakukan diskusi/sharing tentang materi yang telah disampaikan, sehingga dapat menambah wawasan dan memperkuat pemahaman tentang BK.

 

Keempat, dapat membangun kerja sama yang baik dalam kegiatan kelompok.

 

Dengan adanya kerja kelompok dalam beberapa materi pada modul D dan E yang diinstruksikan oleh dosen pembimbing, hal ini sangat efektif untuk membangun kerjasama yang baik.

 

Melalui kerja kelompok akan mudah terselesaikan apapun kesulitan yang ada, karena adanya kerja sama yang menimbulkan semangat untuk saling bersinergi menyelesaikan tugas sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

 

Kelima, menumbuhkan dan memperkuat nilai ukhuwah yang sangat penting bagi penguatan hubungan antarsesama guru BK.

 

Dengan adanya pelatihan ini, nilai ukhuwah (persaudaraan) begitu sangat terasa, walaupun berasal dari berbagai sekolah yang berbeda. Di sini kami tidak membeda-bedakan antara sekolah negeri dan swasta. Semua bagaikan satu keluarga yang terbangun nilai-nilai cinta dan kasih sayang yang luar biasa.

 

Untuk dapat melanjutkan terjalinnya nilai ukhuwah yang sudah terbangun, maka kami membuat satu wadah grup WhatsApp khusus untuk kelas E.

 

Dalam grup WA ini, nilai-nilai persaudaraan akan terus terjalin dan terus dapat berkomunikasi serta berbagi berbagai informasi dan ilmu-ilmu penting khususnya yang berkaitan tentang BK.

 

Akhirnya kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga wabilkhusus kepada dosen pembimbing kami Ibu Ana Susanti, M.Pd dan Ibu Herawati, M.Pd yang telah memberikan ilmu yang luar biasa, semoga menjadi amal terindah yang besar pahalanya, dan dapat kami amalkan di sekolah kami masing-masing. Aamiin.

 

Jakarta, 24 Syawwal 1440 H/28 Juni 2019 N

*Penulis merupakan Guru BK SMP Laboratorium Jakarta

Komentar

Loading...