MGBK SMK Kabupaten Bogor

Menjadi Guru BK yang Hebat di Era Revolusi Industri 4.0

Menjadi Guru BK yang Hebat di Era Revolusi Industri 4.0
MGBK SMK Kabupaten Bogor

MGBK Kabupaten Bogor menggelar pertemuan berkala untuk membahas berbagai permasalahan yang dihadapi guru Bimbingan dan Konseling (BK) di lapangan. Pertemuan kolegalial melalui MGBK itu memberi kesempatan guru BK untuk terus mengembangkan profesinya.

BOGOR - Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) merupakan wadah kegiatan profesional bagi para guru BK pada berbagai jenjang sekolah, baik di kabupaten/kota maupun provinsi.

Melalui wadah MGBK, para guru membahas berbagai permasalahan yang dihadapi. Demikian pula yang dilakukan MGBK SMK Kabupaten Bogor. Untuk pertama kalinya pada tahun 2019,  MGBK Kabupaten Bogor mengadakan pertemuan rutin di SMKN Cibinong, Kamis (14/2/2019).

Pertemuan itu mengambil tema “Menjadi Guru BK dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan tersebut difasilitasi Ketua MGBK SMK Kabupaten Bogor, Karyadi, M.Pd, yang kebetulan juga merupakan guru BK pada SMKN 1 Cibinong.

Ketika membuka kegiatan itu, dia mengatakan, layanan BK di era Revolusi Industri 4.0 mengalami transformasi perubahan, dimana cyber dan digital menjadi sarana yang perlu dimanfaatkan untuk  efektivitas dan kualitas layanan BK.

 

Menurut Karyadi, menjadi guru BK yang profesional dan melek IT merupakan keharusan di era sekarang. Guru BK, katanya, juga perlu melakukan penguatan pendidikan karakter (PPK) dibarengi semangat literasi pola pikir abad 21, yaitu menerapkan High Order Thinking Skill (HOTS) menjadi dasar pengembangan dan peningkatan layanan BK masa depan yang lebih baik. 

Kegiatan ini diikuti sekitar 60 guru BK mengkuti kegiatan rutin tersebut. Mereka secara kolegalial menyatakan komitmen untuk bersama-sama menjadi guru BK sebagai guru yang profesional dan siap untuk melayani.

Selain ketua MGBK, kegiatan ini juga diisi oleh pengurus MGBK, Latipatinufus, S.Pd dan guru BK SMKN 1 Leuwiliang.  Acara rutini ini berlangsung dari pukul 09 s.d 14.30 WIB.

Pertemuan kolegalial melalui wadah MGBK memberikan kesempatan kepada guru BK untuk mengembangkan profesi dengan cara  terus meng-update pengetahuan dan keterampilan. Maju terus Guru BK. Bangga Jadi Guru BK.***

Komentar

Loading...