PTBK

Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangkal Radikalisme di Sekolah

Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangkal Radikalisme di Sekolah
stop radikalisme, Copyright: Tribunjatim

Artikel ini mendeskripsikan hasil kajian peran guru bimbingan dan konseling (BK) di sekolah dalam menangkal radikalisme.

Guru BK secara substantif memiliki peran yang sangat penting dalam menangkal radikalisme di sekolah. Pemberitaaan radikalisme di berbagai media massa menjelaskan bawa paham ini telah memasuki sebagian besar lembaga pendidikan.  Jika tidak segera diantisipasi, maka radikalisme akan sangat berbahaya bagi peserta didik di sekolah.

Bagaimana program BK dapat direncanakan untuk menangkal radikalisme di sekolah bersama dengan pelayanan utama yang diberikan. Peran guru BK dapat dioptimalkan melalui 4 komponen layanan BK, yaitu layanan dasar, responsif, perencanaan individual dan peminatan, serta dukungan sistem untuk menangkal radikalisme di sekolah.

Dari pembahasan tersebut, penulis menyampaikan beberapa kesimpulan dan saran-saran. Bahwa, program layanan BK dapat dioptimalkan terutama pada layanan dasar dan responsif. Tulisan ini masih sederhana, karena hanya sebagai penelitian sample.  Hasil dari sample ini belum tentu seratus prosen mencerminkan kesamaan untuk seluruh populasi. Oleh karena itu pembahasan-pembahasan lebih lanjut perlu dilakukan.

Silahkan mengambil keseluruhan isi makalah pada bagian download web ini, semoga tulisan ini dapat dikembangkan bagi siapa saja yang tertarik dengan kajian ini. Bangga jadi Guru BK.....! [ Ana Susanti ]

Komentar

Loading...