Buku Baru Prof Mungin

Konselor Profesional  Abad 21

Konselor Profesional  Abad 21
Buku Prof Mungin

“Tulislah apa yang kamu katakan dan katakanlah apa yang kamu tulis.”

Ungkapan ini terdengar klise. Sepintas seperti mustahil. Lebih-lebih karena ada pameo lain: seorang yang ahli berbicara belum tentu hebat dalam menulis.

Tapi, ungkapan itu tidak berlaku bagi Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd, BA, Kons. Dia menuangkan pengalaman menekuni dunia konseling yang dialami sejak masih menduduki bangku kuliah hingga sekarang memegang status profesor.

Dia menuliskannya dalam sebuah buku baru yang diberi judul “Konselor Profesional  Abad 21”.

Buku setebal 700 halaman itu diterbitkan oleh UNNES Pres tahun 2019. Karya Prof Mungin yang merupakan kompilasi pemikiran, kajian literatur, hasil penelitian, pengalaman, dan hasil usaha memahami profesi konselor.

20190203-mungin_2

Ia menghimpunnya sejak masih berstatus mahasiswa S1, program magister, profesi konselor, hingga program doktoral pendidikan dan bimbingan dan konseling. Juga, dilengkapi pengalaman beraktivitas dalam organisasi profesi maupun kegiatan ilmiah, khususnya dalam bidang konseling.

Dalam buku ini, Prof Mungin menyajikan konsep tentang konselor yang disebutnya sebagai tenaga profesional spesialis yang terlatih. Konselor dikatakan memilki kualifikasi dan kompetensi profesional yang diakui serta terakreditasi. Konselor sekolah adalah tenaga spesialis konseling perkembangan yang membantu siswa dalam pengembangan pribadi, sosial, belajar dan karier.

Prof Mungin menulis, konselor juga merupakan mitra yang berpengaruh dalam perbaikan sekolah kontemporer dengan tujuan yang dinyatakan untuk menghilangkan hambatan untuk kesempatan pendidikan bagi setiap siswa.

Pada bagian lain dikatakan, konselor bertindak sebagai agen sekolah dan perubahan masyarakat. Konselor sekolah harus mempunyai peranan penting dalam menempatkan upaya mereka dalam memotivasi siswa untuk mewujudkan impian. Konselor dipandang sebagai mitra dan kolaborator yang kuat dalam peningkatan peran sekolah.

Buku ini juga membahas aspek konselor profesional yang meliputi profesi konselor, fungsi dan peranan konselor, standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor Indonesia, kinerja konselor, dan penilaian kinerja konselor.

Profesia konselor abad 21 yang meliputi masyarakat Indonesia abad 21, multikultural dan tantangan profesi konselor abad 21, konselor efektif dan kompeten secara kultural abad 21, konselor masa depan abad 21.

Tidak ketinggalan, buku ini juga membahas pengembangan profesional konselor yang meliputi pengembangan keprofesian berkelanjutan, pengembangan pribadi konselor dan etika profesi konselor.

Lebih detail tentang bagaimana “Konselor Profesional  Abad 21”, bisa disimak dalam buku yang dapat dipesan melalui Hp 0815-6610-531. Buku ini dijual hanya dengan harga Rp 100.000 per eksp.***

Komentar

Loading...