Tip & Trik

Ingin Anggota Kelompok Memiliki Konsep Diri yang Lebih Mendalam? Gunakan Jendela Johari

Ingin Anggota Kelompok Memiliki Konsep Diri yang Lebih Mendalam? Gunakan Jendela Johari
Foto: google.com

Sebagai sebuah permainan, Jendela Johari membutuhkan keseriusan dalam penerapannya agar menghasilkan manfaat yang besar. Guru BK dapat menggunakan Jendela Johari untuk membantu individu memahami konsep dirinya.

Jendela Johari bisa dijadikan sebagai media permainan yang menggunakan dinamika kelompok. Jendela Johari berfungsi untuk memetakan sifat orang, dalam permainan ini sifat orang tersebut dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu “Open/terbuka”, “Blind/buta”, “Hidden/tersembunyi”, dan “Unknown/tidak diketahui”. Keempat sifat tersebut dipetakan dan ditulis dalam sebuah sebuah persegi yang terbagi menjadi empat kuadran.

20190202-konsep_diri_20190201-johari-images-300x150

Melalui permainan ini diharapkan para anggota kelompok memiliki konsep diri yang lebih mendalam baik dalam kaitan dengan keperluan "pengembangan kepribadiannya sendiri" mupun dalam "meningkatkan partisipasi dan sikapnya untuk membangun kelompok yang sehat".

Permainan ini juga dapat diketahui pribadi-pribadi yang sulit diterima kelompoknya dan pribadi-pribadi yang kesulitan dalam berkelompok. Kesulitan-kesulitan tersebut dapat diatasi dengan melakukan perubahan sikap dan konsep diri atas hal-hal negatif yang ditemukan melalui permainan ini.

Konsep diri positif adalah ketika pemahaman orang lain tentang diri kita sama bahkan lebih banyak daripada pemahaman kita tentang diri kita sendiri. untuk mendapatkan materi lengkapnya silahkan di download. semoga bermanfaat.

Komentar

Loading...