Workshop MGBK SMA Provinsi Banten

Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Era Society 5.0

Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Era Society 5.0
BANTEN 2

Rabu 8 Januari 2020, Pertemuan perdana MGBK Provinsi Banten diisi dengan mengadakan Workshop bertema “Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Era Society 5.0”.

Era Industri 4.0Era Industri 4.0 adalah kelompok indrustri masyarakat yang terhubung dalam jaringan, teknologi dan informasi. Sedangkan masyarakat 5.0 merupakan kelompok yang menerapkan teknologi yang berfokus pada kehidupan manusia, yang berlandaskan pada kebiasaan masyarakat 4.0.


Sejak tahun 2019, pemerintah Jepang sudah mulai memperkenalkan Society 5.0 atau masyarakat 5.0 dimana teknologi digital diaplikasikan dan berpusat pada kehidupan manusia, (kompas.com)


Pertemuan perdana MGBK Provinsi Banten di hari rabu, 8 Januari 2020 diisi dengan mengadakan Workshop bertema “Peran Guru Bimbingan dan  Konseling di Era Society 5.0 yang diikuti oleh 50 orang guru  BK SMA baik negeri maupun swasta di lingkup Provinsi Banten,  bertempat di gedung serbaguna Bapeda Provinsi Banten beralamat di Jl. Syech Nawawi Albantani No. 1 Curug, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Banten Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).


Ana Susanti, M.Pd Widyaiswara Kemendikbud RI di PPPPTK Penjas dan BK parung Bogor Jawa Barat, sebagai pembicara pada kegiatan ini. Ana memaparkan mengenai bagaimana peran Guru BK yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Peran  guru BK di Era Society 5.0, adalah  membantu perkembangan peserta didik dengan memanfaatkan teknologi agar layanan Bk dapat mengikuti perkembangan zaman, workshop sederhana kali ini dengan menggunakan  HP Adroid yang secara umum dimiliki oleh semua orang


Fasilitas HP Adroid yg biasa kita bawa kemana-mana bisa memberikan manfaat positif yang terkadang luput dari pengetahuan kita. Melalui HP kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan atau sekedar mengisi waktu.


Melalui Google Play Store guru bimbingan konseling bisa menggunakan aplikasi untuk membuat rencana harian dalam melakukan rencana bimbingan karir melalui Google kalender, Latihan tes potensi akademik, membuat Assessmen melalui Google Form, Tes Psikologis Super Link untuk melakukan : tes Kepribadian MBT, Tes Kesabaran, Tes Dominasi Diri, Tes Kejujuran,Tes Dominasi Diri, Tes Kepercayaan Diri, Tes Mental Negatif, Tes DISC, Tes Enneagram atau mendapat Ide kreatif melalui aplikasi pinterest dan masih Banyak Lagi apalikasi yang bisa manfaatkan untuk bimbingan dan konseling.


Melalui workshop ini pemateri berharap guru-guru  BK di sekolah menengah atas di provinsi Banten sedikit banyak telah tau tentang teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan mudah dalam membantu meningkatkan kinerjanya melaksanakan layanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didiknya di sekolah. Informasi ini juga bisa diajarkan kepada mereka sehingga anak didik juga mengetahui dalam kebiasaan menggunakan teknologi tidak hanya sekedar bermain gamedan bersosial media.


Begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan melek era society 5.0 untuk semua Guru BK di Indonesia. Pesan Mas Menteri kita “sistem pendidikan terbaru berpotensi melibatkan guru BK dalam posisi penting” .  Mau tidak mau siap tidak siap Guru BK mengemban tugas penting dalam pendidikan Nasional di republik ini.  Rencananya akan datang program Guru Penggerak dan Merdeka Belajar.

Apakah Anda sudah siap ? .....

Ada kenang-kengan untuk 2 orang peserta mendapatkan Kaos dari Pembicara. Kaos bertuliskan Bangga Menjadi Guru BK. Kalau bukan kita siapa lagi  yang akan membanggakan profesi “guru BK”. Salah satu faktor kesuksesn adalah mereka mau dan mencintai apa yang mereka Lakukan.

 

Komentar

Loading...