BK di Sekolah

Rujukan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Satuan Pendidikan dasar dan menengah

Rujukan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Satuan Pendidikan dasar dan menengah
Gambar diambil dari www.maribelajarbk.web.id

Tata Kelola Pelaksanaan BK di sekolah telah diperkuat regulasinya oleh kemendikbud. Regulasi ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi pemangku kebijakan di sekolah dan pengawas sekolah serta terutama guru BK di sekolah.

Apa saja rujukan yang digunakan sebagai pedoman pelaksaan BK di sekolah? Mulai dari peraturan Permendiknas no 27 tahun 2008 tentang kualifikasi akademik dan standari akademik sampai dengan terbitnya permendikbud 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikan dasar dan menengah.

Permendikbud ini menjelaskan fungsi dan tujuan layanan bimbingan dan konseling bagi konseli. asas dan prinsip layanan bimbingan dan konseling. Komponen dan bidang layanan bimbingan dan konseling dituangkan ke dalam program tahunan dan semester dengan mempertimbangkan komposisi dan proporsi serta alokasi waktu layanan baik di dalam maupun di luar kelas. Strategi dan mekanisme layanan bimbingan dan konseling juga dijelaskan serta pelaksana layanan bimbingan dan konseling.

serta yang paling terbarukan adalah pada Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling akan menggunakan Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Pedoman dan panduan akan ditetapkan oleh  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar atau Direktur Jenderal Pendidikan Menengah sesuai dengan kewenangannya. 

Ini dia rujukan yang wajib dimilki oleh Guru BK di sekolah yaitu:

  1. Permendiknas No. 27 Tahun 2008 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
  2. Permendikbud No. 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah
  3. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Pendidikan dasar dan menengah
  4. POP BK di SD
  5. POP BK di SMP
  6. POP BK di SMA
  7. POP BK DI SMK

Komentar

Loading...